Pada masa globalisasi ini, Internet
merupakan faktor yang sangat berpengaruh dan penting. Intenet telah berkembang
pesat beberapa tahun ini dan bermanfaat hampir pada semua bidang, seperti
pendidikan, hiburan, bisnis ekonomi, dll. Sehingga membuat masyarakat banyak
menjadikan Internet sebagai suatu kebutuhan.
Berkembangnya
internet menimbulkan banyak hal baru yang timbul, salah satunya adalah dalam bidang
bisnis ekonomi yaitu pembelian atau belanja barang ataupun jasa secara online.
Berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian barang ataupun
jasa. Penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas,
keamanan, dan juga polularitas. Perubahan teknologi komunikasi yang sangat
cepat dan mengglobal telah memberikan kesempatan para pemasar yang lebih luas
dan efesien. Pertimbangan dunia bisnis saat ini perusahaan menggunakan internet
sebagai cara untuk menjangkau pelanggan secara global.
Menurut Raghav
Rao (dalam Mario Christi suyoto, 2006), potensi internet sebagai media pemasaran
dan perdagangan telah banyak dibicarakan, khususnya oleh para pemain dalam
bidang pemasaran. Pembicaraan tersebut menghasilkan suatu pandangan mengenai
perdagangan elektronik, khususnya perdagangan elektronik melalui internet yang
sering disebut Online shopping.
Online shopping adalah sistem perdagangan barang maupun jasa yang dijajakan
melalui media Internet menggunakan website sebagai sarana untuk menangani kegiatan jual beli
secara online. Intinya Online shop sama saja dengan toko namun berbentuk online yang sifatnya harus diakses melalui
internet. Di luar negeri (khususnya negara maju) Online shop sudah menjadi sesuatu yang sering
digunakan yang memang banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis lokal
maupun bisnis internasional. Begitu juga halnya di Indonesia, saat ini banyak
sekali dijumpai toko-toko berbasis online yang marak di Internet menggunakan
website.
Contoh dari Online shopping antara lain, ebay.com,
amazon.com, ada juga yang menawarkan Online
shopping melalui blog, forum jual beli seperti kaskus, dan media sosial
seperti twitter, dan facebook dengan menawarkan beberapa produk-produk seperti
kaos,sepatu, hp, dll. Kelebihan Online
shop adalah selain pembeli bisa melihat desain produk yang sudah ada, konsumen
juga bisa merequest desain (custom desain) hingga pembayaran secara online.
(Ollie, 2008).
Berikut ini adalah beberapa manfaat
yang diberikan kepada pengguna Online Shopping adalah :
- 1.Harga Lebih Murah dan Biaya Operasional Lebih Kecil
Harga produk yang ditawarkan melalui Online Shop relatif
lebih murah daripada harga produk yang sama pada toko konvensional. Ini
dikarenakan biaya Operasional Online Shop jauh lebih kecil daripada toko
konvensional. Toko haruslah menyediakan tempat / kios / gedung untuk menjajakan
produk nya dan biaya yang dibutuhkan cukup besar. Toko konvensional biasanya
juga harus menggaji karyawan, membayar uang pajak, membayar uang listrik dan
sebagainya. Karena biaya operasional yang cukup besar ini, maka toko
membebankannya pada produk yang di jual.
Lain halnya dengan Online Shop yang hanya membutuhkan
website sebagai sarana penjualan dengan biaya hosting yang jauh lebih murah. Online
Shop juga biasanya hanya membutuhkan beberapa staf untuk mengatur pemesanan dan
pengiriman produknya. Karena biaya operasionalnya nyaris tidak
ada, maka harga produk jauh lebih murah. Online
shop juga biasanya berpromosi melalui media jejaring sosial seperti
facebook dan twitter yang jelas-jelas gratis. Ini sangat bertolak belakang
dengan toko-toko konvensional yang umumnya mengeluarkan biaya cukup besar untuk
memasang iklan di media massa.
- 2Hemat Waktu dan Biaya Transportasi.
Karena
bisa dilakukan dimana saja melalui komputer atau handphone, sehingga dapat
menghemat waktu dan biaya saat berbelanja online.Cukup memilih barangnya, transfer
pembayaran, dan menunggu produk pesanan diantar ke rumah.
- 3Berbelanja Menjadi Efektif dan Efisien.
Dengan
online shopping, kita langsung bisa
menemukan model, warna dan ukuran yang kita inginkan dengan cepat. Cukup
masukkan jenis produk yang diinginkan di kolom search dan memilih kategori ukuran, warna atau harga. Dengan
berbelanja online, kita tidak perlu
membuang waktu untuk mencari produk yang diinginkan di toko. Kita juga tidak
perlu menunggu sales assistant
melayani atau mencari produk yang kita inginkan di gudang toko. Dan yang tidak
kalah penting, kita tidak akan
menghabiskan waktu memasuki satu toko ke toko lain untuk membandingkan harga.
- 4Review Produk.
Memilih
produk semakin mudah dilakukan karena umumnya online shop mencantumkan review atau ulasan produk yang diberikan
para pembeli. Dengan review, kita bisa mengetahui seperti apa keunggulan atau
kekurangan produk tersebut. Review juga memberi rasa aman bagi kita untuk berbelanja di situs tersebut
karena sudah ada pengakuan dan testimoni dari pelanggannya.
- 5Terhindar Dari Belanja Yang Tidak Perlu.
Sering
sekali kita berencana membeli satu atau beberapa barang saja di mall, namun
berakhir dengan membeli begitu banyak barang yang sebenarnya tidak kita
butuhkan. Display berbagai toko dan
rayuan sales assistant terkadang
membuat kita membeli barang yang tidak perlu. Dengan berbelanja online, kita
akan terselamatkan dari pembelian barang-barang
yang tidak penting tersebut.
- 6Nyaman Dan Bebas Stress.
Bayangkan memasuki mall yang penuh pengunjung,
musik yang bukan selera kita diputar dan berisik, langkah tersendat karena
terhalang pengunjung lain atau
mengantri di kamar pas dan kasir. Berbeda sekali dengan online shopping, kita bisa berbelanja sambil bersantai di kamar.
Suasana hati yang senang dan kondisi sekitar yang super nyaman tentunya akan
membuat pilihan produk belanja semakin baik.
- 7Diskon dan Promosi.
Persaingan
di dunia online shop membuat promosi
dan diskon semakin gencar dilakukan untuk menarik para pembeli. Potongan harga,
voucher atau kode-kode diskon selalu menghiasi halaman-halaman depan situs online shop. Bila menjadi member situs online shop tersebut, biasanya kita juga
mendapat keistimewaan berupa potongan harga dan poin yang bila terakumulasi
akan menjadi reward tersendiri. Ini
tentunya membuat kita lebih hemat dan berbelanja dengan cerdas.
- 8Praktis Untuk Menghadiahi Teman.
Saat
ini sudah ada layanan jasa pada online
shop yakni dropship. Dropship memungkinkan Anda memesan dan menentukan
alamat pengiriman barang tersebut. Saat ingin memberi kado atau kejutan kepada
kerabat atau teman, online shopping
sangat praktis dilakukan. Dalam berbelanja online,
ada pilihan alamat pengiriman. Anda bisa meminta online shop mengirimkan barang ke alamat rumahmu, atau ke alamat
lain dengan nama penerima yang berbeda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu pergi
ke mall, membeli barang, membungkus, lalu mengirimkan melalui kantor pos atau
jasa pengiriman.
Keuntungan dan Kerugian Online Shop
Segala hal yang
berkaitan dengan dunia bisnis tentu memiliki keuntungan dan kerugian dari
dampak yang ditimbulkan, tidak terkecuali Online Shop.
Berikut ini adalah keuntungan dari
Online Shop, yaitu :
- 1Para pembeli / konsumen tidak perlu datang ke berbagai toko hanya untuk mencari barang yang ia inginkan.
- 2Berbelanja online ini tidak banyak menguras waktu dan uang para pembeli karena proses jual-beli dilakukan melalui media online hanya dengan melihat dari layar komputer/laptop dan melalui handphone yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
- 3Harga barang online cenderung lebih murah karena hanya perlu membayar harga barang dan biaya kirim saja. Dibandingkan dengan di toko yang harganya lebih mahal karena biasanya pemilik toko akan melibatkan biaya sewa toko ke harga barang yang dijualnya.
- 4 Proses pembayaran juga sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan transfer saja ke nomor rekening yang ditentukan.
- 5Para pembeli bisa melihat barang-barang yang mereka cari secara mudah dan cepat bahkan untuk barang-barang tertentu mereka bisa memesan warna dan bentuk sesuai dengan keinginan mereka.
- 6Dengan belanja online ini jarak tidak menjadi hambatan. Dimanapun konsumen berada tetap bisa membeli barang-barang tersebut selama masih ada media pengiriman ke daerah mereka.
Selain bermanfaat dan memberikan
banyak keuntungan, penjualan yang dilakukan dengan Online Shop juga memiliki
beberapa kerugian. Adapun kerugian-kerugian tersebut antar lain:
- 1Karena kegiatan ini dilakukan melalui dunia maya, otomatis tidak ada kontak secara langsung antara penjual dan pembeli. Hal ini menyebabkan sangat rawan terjadinya penipuan. Identitas yang diberikan bisa saja palsu, begitu juga nomor rekening sebagai media pembayaran.Pembeli bisa saja tidak menerima barang yang sudah dipesan, padahal uang pembayaran sudah ditransfer. Dan penjual bisa saja tidak menerima uang pembayaran padahal barang sudah dikirim.
- Kualitas produk terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Desain dan rincian tentang produk yang di tawarkan biasanya terlihat sangat bagus. Karena ditampilkan sedemikian rupa sehingga sering mengecoh calon pembeli apabila tidak diamati secara teliti.
- Apabila terjadi ketidaksesuaian terhadap produk yang dipesan, seperti kualitas, warna, desain dan sebagainya, sulit untuk menukar produk tersebut kembali kepada penjual. Ini dikarenakan antara pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung dan biasanya terpaut jarak yang jauh, bisa antar kota, antar provinsi atau bahkan antar negara.
0 comments:
Post a Comment