Hope you enjoy it And thank you for visiting dears~

Online Shopping

Pada masa globalisasi ini, Internet merupakan faktor yang sangat berpengaruh dan penting. Intenet telah berkembang pesat beberapa tahun ini dan bermanfaat hampir pada semua bidang, seperti pendidikan, hiburan, bisnis ekonomi, dll. Sehingga membuat masyarakat banyak menjadikan Internet sebagai suatu kebutuhan.
Berkembangnya internet menimbulkan banyak hal baru yang timbul, salah satunya adalah dalam bidang bisnis ekonomi yaitu pembelian atau belanja barang ataupun jasa secara online. Berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian barang ataupun jasa. Penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga polularitas. Perubahan teknologi komunikasi yang sangat cepat dan mengglobal telah memberikan kesempatan para pemasar yang lebih luas dan efesien. Pertimbangan dunia bisnis saat ini perusahaan menggunakan internet sebagai cara untuk menjangkau pelanggan secara global.
Menurut Raghav Rao (dalam Mario Christi suyoto, 2006), potensi internet sebagai media pemasaran dan perdagangan telah banyak dibicarakan, khususnya oleh para pemain dalam bidang pemasaran. Pembicaraan tersebut menghasilkan suatu pandangan mengenai perdagangan elektronik, khususnya perdagangan elektronik melalui internet yang sering disebut Online shopping.
Online shopping adalah sistem perdagangan barang maupun jasa yang dijajakan melalui media Internet menggunakan website sebagai sarana  untuk menangani kegiatan jual beli secara online. Intinya Online shop sama saja dengan toko namun berbentuk online yang sifatnya harus diakses melalui internet. Di luar negeri (khususnya negara maju) Online shop sudah menjadi sesuatu yang sering digunakan yang memang banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis lokal maupun bisnis internasional. Begitu juga halnya di Indonesia, saat ini banyak sekali dijumpai toko-toko berbasis online yang marak di Internet menggunakan website.
Contoh dari Online shopping antara lain, ebay.com, amazon.com, ada juga yang menawarkan Online shopping melalui blog, forum jual beli seperti kaskus, dan media sosial seperti twitter, dan facebook dengan menawarkan beberapa produk-produk seperti kaos,sepatu, hp, dll. Kelebihan Online shop adalah selain pembeli bisa melihat desain produk yang sudah ada, konsumen juga bisa merequest desain (custom desain) hingga pembayaran secara online. (Ollie, 2008).
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diberikan kepada pengguna Online Shopping adalah :

  1. 1.Harga Lebih Murah dan Biaya Operasional Lebih Kecil
Harga produk yang ditawarkan melalui Online Shop relatif lebih murah daripada harga produk yang sama pada toko konvensional. Ini dikarenakan biaya Operasional Online Shop jauh lebih kecil daripada toko konvensional. Toko haruslah menyediakan tempat / kios / gedung untuk menjajakan produk nya dan biaya yang dibutuhkan cukup besar. Toko konvensional biasanya juga harus menggaji karyawan, membayar uang pajak, membayar uang listrik dan sebagainya. Karena biaya operasional yang cukup besar ini, maka toko membebankannya pada produk yang di jual.
Lain halnya dengan Online Shop yang hanya membutuhkan website sebagai sarana penjualan dengan biaya hosting yang jauh lebih murah. Online Shop juga biasanya hanya membutuhkan beberapa staf untuk mengatur pemesanan dan pengiriman produknya. Karena biaya operasionalnya nyaris tidak ada, maka harga produk jauh lebih murah. Online shop juga biasanya berpromosi melalui media jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang jelas-jelas gratis. Ini sangat bertolak belakang dengan toko-toko konvensional yang umumnya mengeluarkan biaya cukup besar untuk memasang iklan di media massa.

  1. 2Hemat Waktu dan Biaya Transportasi.
Karena bisa dilakukan dimana saja melalui komputer atau handphone, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya saat berbelanja online.Cukup memilih barangnya, transfer pembayaran, dan menunggu produk pesanan diantar ke rumah.

  1. 3Berbelanja Menjadi Efektif dan Efisien.
Dengan online shopping, kita langsung bisa menemukan model, warna dan ukuran yang kita inginkan dengan cepat. Cukup masukkan jenis produk yang diinginkan di kolom search dan memilih kategori ukuran, warna atau harga. Dengan berbelanja online, kita tidak perlu membuang waktu untuk mencari produk yang diinginkan di toko. Kita juga tidak perlu menunggu sales assistant melayani atau mencari produk yang kita inginkan di gudang toko. Dan yang tidak kalah penting, kita tidak akan menghabiskan waktu memasuki satu toko ke toko lain untuk membandingkan harga.

  1. 4Review Produk.
Memilih produk semakin mudah dilakukan karena umumnya online shop mencantumkan review atau ulasan produk yang diberikan para pembeli. Dengan review, kita bisa mengetahui seperti apa keunggulan atau kekurangan produk tersebut. Review juga memberi rasa aman bagi kita untuk berbelanja di situs tersebut karena sudah ada pengakuan dan testimoni dari pelanggannya.

  1. 5Terhindar Dari Belanja Yang Tidak Perlu.
Sering sekali kita berencana membeli satu atau beberapa barang saja di mall, namun berakhir dengan membeli begitu banyak barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Display berbagai toko dan rayuan sales assistant terkadang membuat kita membeli barang yang tidak perlu. Dengan berbelanja online, kita akan terselamatkan dari pembelian barang-barang yang tidak penting tersebut.

  1. 6Nyaman Dan Bebas Stress.
 Bayangkan memasuki mall yang penuh pengunjung, musik yang bukan selera kita diputar dan berisik, langkah tersendat karena terhalang pengunjung lain atau mengantri di kamar pas dan kasir. Berbeda sekali dengan online shopping, kita bisa berbelanja sambil bersantai di kamar. Suasana hati yang senang dan kondisi sekitar yang super nyaman tentunya akan membuat pilihan produk belanja semakin baik.

  1. 7Diskon dan Promosi.
Persaingan di dunia online shop membuat promosi dan diskon semakin gencar dilakukan untuk menarik para pembeli. Potongan harga, voucher atau kode-kode diskon selalu menghiasi halaman-halaman depan situs online shop. Bila menjadi member situs online shop tersebut, biasanya kita juga mendapat keistimewaan berupa potongan harga dan poin yang bila terakumulasi akan menjadi reward tersendiri. Ini tentunya membuat kita lebih hemat dan berbelanja dengan cerdas.

  1. 8Praktis Untuk Menghadiahi Teman.
Saat ini sudah ada layanan jasa pada online shop yakni dropship. Dropship memungkinkan Anda memesan dan menentukan alamat pengiriman barang tersebut. Saat ingin memberi kado atau kejutan kepada kerabat atau teman, online shopping sangat praktis dilakukan. Dalam berbelanja online, ada pilihan alamat pengiriman. Anda bisa meminta online shop mengirimkan barang ke alamat rumahmu, atau ke alamat lain dengan nama penerima yang berbeda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu pergi ke mall, membeli barang, membungkus, lalu mengirimkan melalui kantor pos atau jasa pengiriman.

Keuntungan dan Kerugian Online Shop
Segala hal yang berkaitan dengan dunia bisnis tentu memiliki keuntungan dan kerugian dari dampak yang ditimbulkan, tidak terkecuali Online Shop.
Berikut ini adalah keuntungan dari Online Shop, yaitu :

  1. 1Para pembeli / konsumen tidak perlu datang ke berbagai toko hanya untuk mencari barang yang ia inginkan.
  2. 2Berbelanja online ini tidak banyak menguras waktu dan uang para pembeli karena proses jual-beli dilakukan melalui media online hanya dengan melihat dari layar komputer/laptop dan melalui handphone yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
  3. 3Harga barang online cenderung lebih murah karena hanya perlu membayar harga barang dan biaya kirim saja. Dibandingkan dengan di toko yang harganya lebih mahal karena biasanya pemilik toko akan melibatkan biaya sewa toko ke harga barang yang dijualnya.
  4. 4 Proses pembayaran juga sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan transfer saja ke nomor rekening yang ditentukan.
  5. 5Para pembeli bisa melihat barang-barang yang mereka cari secara mudah dan cepat bahkan untuk barang-barang tertentu mereka bisa memesan warna dan bentuk sesuai dengan keinginan mereka.
  6. 6Dengan belanja online ini jarak tidak menjadi hambatan. Dimanapun konsumen berada tetap bisa membeli barang-barang tersebut selama masih ada media pengiriman ke daerah mereka.

Selain bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan, penjualan yang dilakukan dengan Online Shop juga memiliki beberapa kerugian. Adapun kerugian-kerugian tersebut antar lain:

  1. 1Karena kegiatan ini dilakukan melalui dunia maya, otomatis tidak ada kontak secara langsung antara penjual dan pembeli. Hal ini menyebabkan sangat rawan terjadinya penipuan. Identitas yang diberikan bisa saja palsu, begitu juga nomor rekening sebagai media pembayaran.Pembeli bisa saja tidak menerima barang yang sudah dipesan, padahal uang pembayaran sudah ditransfer. Dan penjual bisa saja tidak menerima uang pembayaran padahal barang sudah dikirim.
  2. Kualitas produk terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Desain dan rincian tentang produk yang di tawarkan biasanya terlihat sangat bagus. Karena ditampilkan sedemikian rupa sehingga sering mengecoh calon pembeli apabila tidak diamati secara teliti.
  3. Apabila terjadi ketidaksesuaian terhadap produk yang dipesan, seperti kualitas, warna, desain dan sebagainya, sulit untuk menukar produk tersebut kembali kepada penjual. Ini dikarenakan antara pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung dan biasanya terpaut jarak yang jauh, bisa antar kota, antar provinsi atau bahkan antar negara.

0 comments:

Post a Comment