Hope you enjoy it And thank you for visiting dears~

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer 1




1.      Dalam bentuk sederhana, komunikasi data terjadi antar dua device yang secara langsung berhubungan dengan medium transmisi point-to-point. Jelaskan kerugian menggunakan model komunikasi ini dan berikan model solusinya.

Kerugian :
Model komunikasi data point to point yang intensif pada situasi darurat jelas hanya akan efektif di tataran penentu kebijakan. Namun kerugiannya adalah, komunikasi point to point tidak efektif digunakan untuk komunikasi dalam sistem peringatan dini. Sama sekali tidak efisien dan mahal. Bayangkan jika harus menelepon satu per satu orang untuk memperingatkan bahwa dalam beberapa menit akan datang tsnumai menerjang kota.

Solusi :
Karena ada banyak hal yang tidak efektif jika menggunakan model komunikasi point-to-point maka sebaiknya kita coba menggunakan model komunikasi lain. Tentunya model komunikasi yang kita pilih ialah sesuai dengan kita butuhkan dna harga yang memang bisa kita jangkau.

2.      Jelaskan  apa yang dimaksud dengan :

a.    Circuit Switching
→   jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated di antara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi..

b.      Packet Switching
→  Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut.

c.       Frame Relay
→  Metode mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Frame-frame akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan.

d.      Asychronous Transfer Mode (ATM)
→ Protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header). Secara teknis, ATM dapat dianggap suatu evolusi dari packet switching.


3.      Jelaskan perbedaan :
a.       WAN (Wide Area Network)
Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.  Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

b.      LAN (Local Area Network)
Suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

c.       MAN  (Metropolitan Area Network)
Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.


4.       Gambarkan dan jelaskan model komunikasi data secara umum.

Ada 5 tahap dari model komunikasi data yaitu source, transmitter, transmitter system, receiver, dan destination.
 a. Mulai dari tahap source yaitu terjadi input informasi. INformasi ini masih dalam bentuk data digital.
 b. Tahap berikutnya adalah transmitter. Pada transmitter terjadi proses perubahan data digital menjadi data analog. 
 c. Kemudian dilanjutkan dengan transmission system Terjadi perubahan antara transmitter signal menjadi receiver signal oleh transmitter signal.
 d. Selanjutnya tahap receiver adalah proses penerimaan signal dan dilakukan pengeluaran data ke tujuan (destination).
 e. Pada destination ada pengeluaran informasi (Output Information).

0 comments:

Post a Comment